Ragam Ngopini

Ini Orang yang Punya Pondok Indah Mall

ASPIRASIBABEL.com | Jakarta - Pondok Indah Mall atau biasa disebut PIM merupakan pusat perbelanjaan atau mall bernuansa elit di Jakarta. Mal ini terletak kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, tepatnya di persilangan Jalan Metro Pondok Indah dan Jalan Haji Nawi. Siapa yang punya Pondok Indah Mall?
Dilansir dari situs resmi perusahaan, Sabtu (13/1/2024) Pondok Indah Mall merupakan properti yang dikembangkan oleh PT Metropolitan Kentjana Tbk. Perusahaan itu didirikan oleh Murdaya Poo pada 29 Maret 1972.

Murdaya Poo adalah seorang sarjana ekonomi dari Universitas Indonesia pada tahun 1962. Memiliki nama asli Murdaya Widyawimarta Poo, ia lahir di Blitar pada 12 Januari 1946 dari keluarga yang cukup sederhana.

Sebelum jadi konglomerat seperti sekarang ini, Murdaya Poo pernah jadi tukang koran, sampai umurnya berusia 26 tahun. Ia menemui seorang wanita yang bernama Siti Hartarti Murdaya yang sekarang menjadi istrinya. Siti mendorong Murdaya dalam segala usaha yang dilakukan suaminya itu.

Sampai tahun 1972, Murdaya bisa memulai usaha kontraktor dan berjalan dengan sukses karena pada era tersebut minim pesaing yang berada di bidang tersebut. Tahun 1984, ia bersama istrinya mendirikan Central Cipta Murdaya Group (CCM).

Dikutip dari laman perusahaan ecc.co.id, CCM dikenal sebagai pengembang sukses di bidang properti, manufaktur sampai sumber daya alam seperti perkebunan sawit. Melalui CCM, Wirdaya sampai saat ini sudah mempunyai lebih dari 50 anak perusahaan yang bergerak di berbagai sektor.

Sukses di bidang properti, sebagai usaha lanjutan dari Wirdaya di bidang kontraktor bernama Pondok Indah Group (PIG) yang saat ini bernama PT Metropolitan Kentjana, Wirdaya mendirikan Pondok Indah sebagai properti pertama perusahaan, dan sampai saat ini Pondok Indah terkenal dengan kawasan perumahan dan mall elit salah satunya Pondok Indah Mall atau PIM.

Mall yang letaknya ada di kawasan perumahan elit, banyak di sebut sebagai 'rumah kedua' oleh warga Jakarta Selatan, saat ini PIM mempunyai 3 bangunan mall yang sangat mewah, yakni PIM 1, PIM 2, dan terbaru PIM 3.

Memiliki jalanan yang indah, tempat nongkrong yang nyaman, sama di sana juga ada taman air. Lebihnya lagi, kita bisa melihat langsung lapangan golf kelas dunia serta hotel kelas internasional.

Kawasan ini dulunya adalah kawasan perkebunan sawit dan memiliki akses jalan yang sulit, pada tahun 1972 PIG berhasil mengubah menjadi kawasan perumahan komersial paling elit di Indonesia dan mempunyai jumlah penduduk lebih dari 35.000 jiwa, dengan projek pertamanya adalah komplek perumahan pondok indah.

PT Metropolitan Kentjana memiliki visi yaitu, Mengoptimalkan dan memanfaatkan aset-aset perusahaan agar menghasilkan keuntungan yang maksimum dan meneruskan pertumbuhan melalui pengembangan area perumahan dan komersial yang baru. Misi dari PT Metropolitan Kentjana Tbk yaitu, membangun perseroan menjadi perusahaan unggul yang dapat meningkatkan stakeholders value.

Komitmen Pondok Indah untuk selalu memberikan yang terbaik menjadi dasar dan motivasi untuk mengembangkan setiap produknya. Ditangani oleh para profesional yang berpengalaman dan terkenal di dunia properti, seiring dengan kepercayaan pemegang saham menjadikan Pondok Indah Group sebagai salah satu pengembang terkemuka dan terpercaya di Indonesia.

Harta kekayaan Wirdaya Poo saat ini sudah mencapai US$ 1,2 miliar atau setara dengan Rp 18,4 triliun. Pada tahun 2022 lalu, pria berusia 82 tahun itu menempati urutan 37 dalam daftar orang terkaya di Indonesia. (Dtk/Red).

Penulis:

Baca Juga