Nasional

Polda Kepulauan Babel Naik Jadi Tipe A, akan di Pimpin Jenderal Bintang Dua

ASPIRASIBABEL.COM, Pangkalpinang, Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) resmi berubah status dari Tipe B menjadi Tipe A. Peningkatan tipe ini berdasarkan persetujuan MenPAN RB terkait peresmian peningkatan tipe 7 Polda yang ditindaklanjuti surat telegram Kapolri Idham Aziz.

Perubahan status Polda Kepulauan Bangka Belitung itu berdasarkan surat Telegram Kapolri Nomor:ST/1189/IV/OTL.1.1.3./2020 tanggal 14 April 2020 tentang Pelaksanaan Upacara Peresmian peningkatan 7 tipe Polda dari Polda tipe B menjadi Polda tipe A

Selain Polda Kepulauan Bangka Belitung, 6 polda lainnya yang naik menjadi Tipe A masing-masing Polda Gorontalo, Polda Sulawesi Barat, Polda Sulawesi Tenggara, Polda Kalimantan Utara, Polda Maluku Utara dan Polda Papua Barat.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan, kenaikan 7 Polda ini akan dilaksanakan pada 22 April 2020 sesuai surat telegram yang ditandatangani Asrena Kapolri, Irjen Hendro Sugiatno.

“Rencana 22 April pak Kapolri menaikkan tipologi 7 Polda tersebut,” ucap Karo Penmas, dikutip dari laman humaspolri.go.id, Kamis (16/4/2020).

Peningkatan status tipe 7 Polda tersebut sudah melalui proses pertimbangan yang komprehensif. Salah satu pertimbangannya adalah luas wilayah dan tingkat kriminalitas di wilayah tersebut sehingga perlu ketahanan keamanan yang lebih kuat.

“Beberapa indikator semuanya sudah menjadi pertimbangan ya sesuai dengan kondisi,” kata Brigjen Pol Argo Yuwono.

Dengan naiknya status tipe 7 Polda tersebut, maka otomatis jabatan Kapolda akan diemban oleh jenderal bintang dua. (Rell/Red).

Penulis: Rell
Editor: Red1

Baca Juga