Pemkab Bateng

BLA Binaan Pemkab Bateng Panen Udang Vaname

ASPIRASIABEL.com | Koba - Kelompok masyarakat budidaya udang vaname (BLA) Desa Terentang Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), yang merupakan binaan Pemkab Bateng melalui Dinas Perikanan, sukses melakukan pemanenan perdana sebanyak kurang lebih 700 kilogram udang vaname. Dalam panen perdana kali ini, dilakukan langsung oleh Bupati Algafry Rahman, Sabtu (9/3/2023).

Panen udang vaname oleh Kelompok masyarakat budidaya udang vaname Bepanen Langsung Agimn (BLA) Desa Terentang. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rachmat Kurniawan.

"Hasil panen udang vaname ini kami sangat menyambut baik dan bersyukur atas hasil yang luar biasa bagi kami. Kami memulai ini dari nol dan tidak mengetahui sama sekali atas ilmu ini, namun atas pendampingan yang dilakukan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah akhirnya kami mengerti dan memahami cara budidaya udang vaname dan mampu memanen dengan hasil yang sangat memuaskan," ujar Ketua BLA Desa Terentang, H. Isroni.

Ditambahkan Isroni, pihaknya saat ini telah dihubungi perusahaan ekspor udang untuk membeli seluruh hasil panennya.

"Kita juga sangat bersyukur sekali hasil panen kita hari ini sudah ada pembelinya dan besok Minggu akan diambil dan dibawa. Sedangkan untuk harga, udang kita dihargai kurang lebih Rp45 ribu perkilogram. Dengan harga itu kita bisa mendapatkan keuntungan luamayan dan setelah ini dipanen semua, kita akan menambah satu tendon kolam lagi untuk dioperasikan," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman sangat bersyukur atas keberhasilan kelompok masyarakat pembudidaya udang vaname ini.

"Ya saya sangat bersyukur sekali setelah dalam kurun waktu dua bulan lebih, atau sekitar 65 hari BLA Desa Terentang sudah bisa memanen udang vaname. Terlebih jika di lihat dari perbandingan jumlah pakan yang diberikan tidak sebanyak dengan tambak udang lainnya, dan perkembangan udang vaname yang dihasilkan cukup memuaskan," ujar Algafry.

Masyarakat Kabupaten Bangka Tengah lainya untuk turut serta mengambil peluang usaha ini, sehingga menjadi salah satu alternatif usaha masyarakat yang bisa diandalkan dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

"Saya ingin berpesan kepada masyarakat untuk tidak takut mengambil peluang usaha ini, karena terbukti kawan-kawan kita di kelompok BLA Desa Terentang yang sebelumnya memulai dari nol dan perlu dibina Dinas Perikanan, hingga sukses memanen udang vaname dengan hasil yang memuaskan. Ini salah satu bukti dan menjadi contoh bagi masyarakat lainya," ujarnya. (Asp).

Penulis:

Baca Juga