Toboali

Gubernur Erzaldi Tinjau Robohnya Jembatan Delas

ASPIRASIBABEL.COM, AIR GEGAS - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengucapkan belasungkawa kepada keluarga korban atas nama Alfian, yang meninggal dunia akibat musibah robohnya jembatan di Desa Delas, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (16/4/20).

Perlu diketahui bahwa pada hari Rabu, 15 April 2020 pukul 04.02 WIB dini hari terjadi musibah robohnya jembatan di Desa Delas, dan memakan korban beberapa orang salah satunya Alfian dan anaknya.

Menurut Rahmad warga setempat, korban bersama anaknya mau ke pasar di Koba untuk menggiling daging bahan pembuatan bakso, karena korban merupakan seorang pedagang bakso.

"Ketika jembatan roboh, korban bersama anak menggunakan sepeda motor pas di tengah jembatan, sehingga tidak dapat menghindar lagi, sedangkan anaknya bersama korban lainnya masih terselamatkan, walaupun kondisi luka dan patah kaki," ungkap Rahmad.

Atas peristiwa tersebut, Gubernur Erzaldi Rosman didampingi Kepala BPPD Mikron Antariksa, Kepala PU Noviar, Kepala Basarnas, dan rombongan lainnya meninjau lokasi kejadian, sekaligus bersilaturahmi ke rumah korban, serta ikut melakukan pencarian korban yang belum ditemukan.

Gubernur Erzaldi Rosman mengatakan, robohnya jembatan akibat curah hujan deras, tanah pondasi jembatan menjadi labil, sehingga tergerus air sungai.

"Jembatan Delas ini penghubung antara Desa Payung, Koba, dan beberapa desa lainnya, roboh jembatan akibat hujan deras, selain itu di ujung sungai ada lahan ekstambang, sehingga menimbulkan alur baru yang cukup kencang menabrak pondasi jembatan yang labil, terjadilah roboh jembatan yang menelan korban, seorang korban belum ditemukan," jelasnya.

Gubernur Erzaldi Rosman bersyukur pihak pemdes setempat berencana merehabilitasi lahan ekstambang, supaya musibah ini tidak terulang.

Di kesempatan yang sama Gubernur Erzaldi Rosman menegaskan untuk membantu masyarakat supaya desa ini terisolir, pemprov memasang jembatan sementara (baile) sehingga transportasi masyarakat tidak terganggu, apalagi jalan tersebut jalan utama penghubung antar desa.

Berkenaan saat ini sedang mewabah pandemi Covid-19, Gubernur Erzaldi Rosman mengajak masyarakat memakai masker, sekaligus membagikan sebanyak 1.000 masker kepada warga Desa Delas.

Kepada keluarga korban, Gubernur Erzaldi berharap bersabar menghadapi cobaan ini, karena di balik musibah ada hikmahnya. (Rell/Ad).

Penulis : Hasan A.M.
Foto : Saktio
Editor : Listya

Penulis: Rell Diskominfo
Editor: Red2

Baca Juga