Bangka

Komeng: KNPI Itu Tidak Boleh Sebagai Corong Pemerintah

ASPIRASIBABEL.COM - Sungailiat, Pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kabupaten Bangka tidak lama lagi, Sabtu (28/12/2019) di hotel ST 12 Sungailiat.

Sekretaris DPD KNPI Bangka periode 2010-2013 Feryandi Komeng mengatakan bahwa pelaksanaan Musda KNPI kabupaten Bangka selalu berdinamika dan berbeda dengan pelaksanaan Musda KNPI di kabupaten lain.

Apalagi informasinya bahwa Musda KNPI Bangka ke-XV tahun 2019 ini banyak pemuda-pemuda kabupaten Bangka yang akan maju pada pemilihan Ketua KNPI Bangka.

Komeng juga Ketua OKP Persaudaraan Pemuda Etnis Nusantara (Pers Pena) Provinsi Bangka Belitung ini mengharapkan bahwa pelaksanaan Musda dapat berjalan sukses tanpa ada kecurangan-kecurangan dalam tahapannya.

"Saya dengar juga Ketua KNPI Bangka sekarang mau maju kembali sebagai Ketua KNPI Bangka. Saya pikir tidak perlu lagi Ketua KNPI sampai dua kali walaupun tidak ada aturannya". Komeng juga menyebutkan perlu adanya perkaderan kepemimpinan di tubuh KNPI.

Jangan  sekali-kali KNPI digunakan sebagai kepentingan pribadi atau kelompok tertentu karena akan ada kelompok lain yang akan terzolimi khususnya pemuda kabupaten Bangka.

Feryandi Komeng, Ketua Pers. Pena Babel & Sekretaris DPD KNPI Bangka (2010-2013). (Dok).

Saya lebih setuju ketua KNPI itu dari swasta saja karena waktu untuk mengurus kepemudaan lebih banyak.

"Memang tidak ada aturan terkait  pembatasan profesi untuk mencalonkan sebagai ketua KNPI. Jika ASN sebagai Ketua KNPI waktunya terbatas mengurus dunia kepemudaan yang semakin beragam dalam era digital native saat ini," tegas Ketua OKP Persaudaraan Pena Provinsi Bangka Belitung ini.

Lanjut,  Komeng yang juga sudah menulis beberapa buku ini bahwa keputusan itu pada akhirnya kembali lagi kepada pemilik suara yakni pengurus PK KNPI dan kawan-kawan OKP di Kabupaten Bangka.

Selanjutnya,  Ferry Komeng juga berharap Bupati jangan mendukung salah satu kandidat ketua KNPI. Biarlah dinamika kepemudaan setiap 3 tahun sekali ini menjadi pesta demokrasi pemuda Bangka seutuhnya.

Kami dari Persaudaraan Pemuda Etnis Nusantara juga akan mendukung kandidat yang memiliki pemikiran untuk membangun dunia kepemudaan bukan untuk kepentingan pribadi dan kelompok tertentu saja.

KNPI sudah semesatinya bermitra dengan pemerintah daerah, pihak swasta dan pihak terkait lainnya dalam melaksanakan progam pemberdayaan kepemudaan tapi tidak boleh sebagai corong pemerintah daerah atau kelompok tertentu yang mendeskriditkan kepentingan pemuda yang lebih besar.

KNPI juga harus kritis, tegas dan mandiri jika serius menguatkan pemberdayaan pemuda.

"Sekali lagi selamat bermusyawarah para pemuda Bangka dalam memilih Ketua KNPI Bangka, ujar Komeng yang juga Ketua Komunitas Literasi Bangka Belitung ini. (Red1/Asp/).

Penulis: Asp
Editor: Red1
Photographer: Dok

Baca Juga