Pangkalpinang

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Babel Gandeng Komunitas Literasi Babel Sebagai Peserta Bimtek Perpustakaan Berbasis Inklusi

ASPIRASIBABEL.COM, Pangkalpinang, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melalui program Bimbingan Teknis Strategi Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial tahun 2020.

"Kegiatan transformasi pelayanan perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan bagian dari program prioritas nasional dengan tujuan memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang unggul melalui peningkatan kemampuan literasi, ungkap Kepala Dinas Kerasipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Asyraf Suryadin, M.Pd, Selasa (16/6/2020) di ruang kerjanya.

Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menugaskan Feryandi dari Komunitas Literasi Bangka Belitung sebagai peserta Bimtek dari unsur masyarakat atau pegiat literasi mitra perpustakaan.

Dikatakan Asyraf bahwa pegiat literasi atau komunitas sangat membantu pemerintah untuk menggalakkan budaya membaca dan menulis.

"Untuk itu kantor Kearsipan dan Perpustakaan Babel selalu bermitra dengan pegiat-pegiat literasi dalam rangka penguatan minat membaca," terangnya.

Ditambahkan Runi Alcitra Amalia pustakawan madya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Babel bahwa kegiatan Bimtek dilaksanakan selama tiga hari, 21-23 Juli 2020.

"Kegiatan Bimtek ini nanti ada proses pendaftaran peserta dan tata cara penggunaan aplikasi Bimtek daring dipandu oleh tim pendamping yang telah ditunjuk Perpustakaan Nasional," terang Runi.

Selain itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Asyraf Suryadin menyerahkan dua buku karyanya kepada Rumah Literasi Babel yang diterima langsung Ketua Komunitas Literasi Babel Feryandi yang biasa di sapa Fery Komeng.

Kedua buku tersebut yakni berjudul Membaca Menuju Surga karya Dr. Asyraf Suryadin, M.Pd diterbitkan STKIP MBB Press dan buku serial legenda rakyat, Sang Benyawe sampai Tanjung Penyusuk yang disusun oleh Asyraf Suryadin dan Istrinya Tien Rostini diterbitkan penerbit Hikayat Publishing Yogyakarta. (Asp1/Red).

Penulis: Asp
Editor: Red1
Photographer: Runi

Baca Juga