Nasional

Sebanyak 750 Personil Kodiklatad Donor Darah, Dankodiklatad: Semoga Bermanfaat bagi yang Membutuhkan

ASPIRASIBABEL.COM, Bandung - Untuk membantu PMI dalam penambahan stok darah yang menipis akibat dampak pandemi virus Corona, Kodiklatad menggelar donor darah yang diikuti 750 personil jajaran Kodiklatad.

Hal tersebut disampaikan Kapen Kodiklatad Letkol Kav Christian Gordon Rambu, dalam rilis tertulisnya di Bandung, Selasa (14/4/2020).

Dikatakan Kapen, donor darah yang diikuti 750 personil jajaran Kodiklatad tersebut, untuk menambah stok darah PMI, terutama yang berada di Kota Bandung.

“Selain itu, sebagai wujud kepedulian kita terhadap sesama di saat penyebaran virus Corona yang telah menjadi pandemi ini,” kata Christian.

“Sebelumnya Komandan Kodiklat Angkatan Darat (Dankodiklatad) menghimbau agar seluruh jajaran Kodiklat, membantu PMI untuk menambah ketersediaan darah di PMI,” lanjutnya.

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan di lima tempat dan pelaksanaan dimulai dari tanggal 13 April sampai 17 April 2020,

“Dimulai Senin kemarin (13/4/2020), kita laksanakan di Aula Kodiklatad dengan peserta 150 orang dari Makodiklatad, Pussenif, Pusdikif, dan Pussimpur,” jelas Christian.

“Hari ini dilaksanakan di Pusdikku yang diikuti oleh 150 personel dari Pusdikkum, Pusdikowad, dan Pusdikajen,” lanjutnya.

“Dilanjutkan tanggal 15 April di Pusdikarmed, 16 April di Pusdikpom, dan 17 April di Pusdikbekang, dan di setiap tempat pelaksanaan akan diikuti 150 personel,” tambahnya.

Sementara itu, Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, S.SSos yang hadir dan ikut mendonorkan darah di Makodiklatad, mengatakan betapa pentingnya setetes darah bagi siapapun yang membutuhkan, terutama dalam kondisi saat ini.

Stok PMI Menipis, 750 Personel Kodiklatad Donorkan Darah

Dankodiklatad Letjen TNI A.M. Putranto saat mendonorkan darah di aula Kodiklatad, Senin (13/4/2020). (Ist).

“Inilah merupakan upaya kami untuk mem membantu pemenuhan persediaan stok darah PMI, yang sudah mulai berkurang,” kata Dankodiklat.

“Semoga hasilnya donor darah ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan melalui PMI,” harapnya.

Dankodiklatad juga menjelaskan, mekanisme pelaksanaan donor darah tetap memperhatikan beberapa ketentuan pencegahan virus Corona.

“Pelaksanaannya sendiri kita sesuaikan dengan protokol pencegahan virus Corona,” jelas Dankodiklatad.

Stok PMI Menipis, 750 Personel Kodiklatad Donorkan Darah

Penerapan Protokol Pencegahan Corona pada Kegiatan Donor Darah, seperti Physical Distancing. (Ist).

“Seperti dilakukan secara bergantian untuk membatasi jumlah personil di ruangan, menjaga jarak saat mengantri, dan mengatur arus keluar masuk ruangan, sehingga tidak saling bersinggungan,” tutup jenderal bintang tiga yang juga mantan Pangdam II Sriwijaya ini. (Rel/Red).

Penulis: Rell/Kodiklatad
Editor: Fer/Asp
Photographer: Ist

Baca Juga