Pemprov Babel

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Pemprov Babel Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Pelabuhan Sadai

ASPIRASIBABEL.COM, SADAI - Pemerintah Propinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bertindak cepat dalam mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Kep. Babel. Salah satunya adalah melakukan tindakan pencegahan masuk nya Virus Corona di wilayah Bangka melalui beberapa pelabuhan.

Pada Rabu (18/03/2020) Gubernur Erzaldi Rosman bersama tim satgas dan dinas perhubungan provinsi, dinas kesehatan provinsi, Polda Kep. Babel, juga Satpol PP Bangka Selatan melakukan pengecekan dan sterilisasi ruang tunggu penumpang.

Pelabuhan Sadai merupakan salah satu pelabuhan yang cukup sibuk, mengingat pelabuhan ini menjadi penyebrangan antara Bangka dan Belitung dengan arus masuk manusia yang cukup ramai.

“Pelabuhan Sadai adalah pintu masuk ke Pulau Bangka dari Belitung, dan untuk pelabuhan perintisnya dari Tanjung Priok dan Kalimantan Ketapang,” ungkap Gubernur Erzaldi Rosman.

Oleh karena itu, hal ini menjadi perhatian Gubernur Erzaldi Rosman dan Kapolda Kep. Babel untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Gubernur Erzaldi Rosman bersama Kapolda Kep. Babel pun memberikan sosialisasi bersama tim satgas kepada petugas yang berada di Pelabuhan Sadai untuk menjalankan Standard Operating Procedures (SOP) yang berkenaan dengan pencegahan dan penanggulangan Virus Corona.

Di bawah pengawasan langsung Gubernur Erzaldi Rosman, satgas melakukan penyemprotan cairan disinfektan di fasilitas-fasilitas umum di terminal penumpang dan di kapal untuk memastikan tidak ada potensi penyebaran Virus Corona. Penyemprotan cairan disinfektan tersebut dilakukan bersama polri, TNI, dan komunitas-komunitas.

Mengenai ketersediaan thermal scanner, Gubernur Erzaldi Rosman mengatakan sudah ada di beberapa fasilitas-fasilitas umum.

“Berangsur-angsur di beberapa fasilitas umum sudah ada, dan di hari Jumat ini untuk provinsi kita akan datang kurang lebih sebanyak 500 buah, semoga fasilitas umum tersebut dapat melakukan pengecekan mandiri,” ungkapnya.

Gubernur Erzaldi Rosman pun mengimbau kepada masyarakat apabila merasakan sakit, maka dapat mengisolasi diri di rumah, setelah melakukan pengecekan di puskesmas.

Diingatkan kepada masyarakat agar selalu hidup sehat untuk membentuk karakter. Gubernur Erzaldi Rosman meminta untuk tidak panik dan selalu menjaga kesehatan dengan mencuci tangan menggunakan sabun, atau dengan selalu menyiapkan cairan pembersih tangan.

“Salah satu faktor yang sangat optimal perlindungan diri dari Virus Corona adalah dengan menjaga diri kita tetap sehat,” ungkapnya.

Harapan Pemprov. Kep. Babel, upaya-upaya yang telah dilakukan ini, juga didukung oleh masyarakat sehingga upaya penyebaran dan pencegahan virus ini dapat berjalan efektif.

Penulis : Khalimo
Foto : Saktio
Editor : Listya

Penulis: Rell

Baca Juga