Nasional

Polri Naikan Pangkat Ketua KPK Irjen Firli Bahuri

ASPIRASIBABEL.COM -  Jakarta, Firli Bahuri baru saja dinaikkan pangkatnya menjadi jenderal bintang tiga sebelum resmi bekerja di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Firli Bahuri sendiri telah terpilih sebagai Ketua KPK periode 2019-2024 dan akan mulai memimpin lembaga antirasuah pada Desember 2019 mendatang.

Ketua Presedium Indonesian Police Watch (IPW) Neta S Pane menyoroti kenaikan pangkat Firli menjadi bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen).

Menurut Neta, hal itu tidak menyalahi aturan hukum. Bahkan, promosi bintang tiga itu akan berdampak terhadap wibawa KPK.

“Ini perubahan strategi Polri dalam melihat keberadaan lembaga antirasuah. Bisa jadi untuk memperkuat KPK dgn pimpinan jenderal bintang 3 dan sekaligus memperkuat wibawa ketua KPK agar tidak dilecehkan,” kata Neta saat dikonfirmasi PojokSatu, Senin (11/11).

Di sisi lain, kata Neta, dengan pimpinan KPK bintang tiga. Maka posis lembaga antirasuah itu akan setara dengan lembaga pemerintah lainnya.

“Naiknya pangkat ketua KPK menjadi Komjen otomatis keberadaan KPK setara dengan BNN maupun BNPT, yang dipimpin jenderal bintang tiga,” ungkapnya.

“Jadi tidak dianggap remeh oleh pegawai KPK maupun wadah Pegawai KPK,” tutur Neta.

Diketahui, baru menjabat kapolri, Jenderal Pol Idham Azis langsung melakukan perombakan jabatan di internal Korps Bhayangkara.

Puluhan perwira tinggi hingga belasan polisi berpangkat jenderal bintang satu hingga bintang tiga pun digeser.

Di antaranya Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Firli yang kini dipromosikan menjadi Kabarhakam Polri.

Ketua KPK yang tak lama lagi akan dilantik itu menggantikan Komjen Pol Condro Kirono yang dipindah sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Nama besar lain yang dirotasi yakni, Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri menjadi Korsahli Kapolri. Posisinya akan digantikan oleh Brigjen Pol Istiono yang sebelumnya menjabat Kapolda Kepulauan Bangka Belitung.

Selanjutnya ada nama Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Nico Afinta yang dipromosikan menjadi Sahlisospol Kapolri. Dia akan digantikan oleh Kombes Pol Ferdy Sambo.

Sementara Bareskrim, Dirtipidter Brigjen Pol Fadil Imran dipromosikan menjadi Sahlisosbud Kapolri. Posisinya digantikan oleh Kombes Pol Mohamad Agung Budijono.

Nama tenar terakhir yang dipromosikan yakni Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menjadi Karobinkar SSDM Polri.

Dedi akan digantikan oleh Kombes Pol Argo Yuwono yang saat ini menjabat Kabid Humas Polda Metro Jaya. Untuk menggantikan posisi Argo di Polda, Idham Azis menunjuk Kombes Pol Yusri Yunus.

Rotasi sejumlah jabatan strategis polri ini tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor ST/3020/XI/KEP/2019 tertanggal 8 November 2019.

Dalam surat telegram ini disebutkan bahwa anggota yang mendapat promosi akan menjalankan tugas barunya selambat-lambatnya 14 hari setelah surat telegram dikeluarkan.

“Mutasi jabatan ini merupakan sesuatu yang wajar dilakukan. Sebab perpindahan ini dilakukan dalam rangka meneruskan kepemimpinan anggota yang pensiun, atau ditugaskan di luar struktur polri,” kata As SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra saat dikonfirmasi, Jumat (8/11). (Red1/Pojoksatu).

Penulis: Pojoksatu.id
Editor: Red1

Baca Juga