Bangka Tengah

Nelayan Batu Beriga Tetap Tolak Penambangan Timah di Perairan Laut Batu Beriga

ASPIRASIBABEL.com | Koba - Puluhan Masyarakat dan Nelayan desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang di gelar DPRD Bateng, Senin (9/10/2023) di Koba.

DPRD Bateng Menggelar RDP Soal Penolakan Nelayan Batu Beriga Terhadap Rencana PT Timah TBK Melakukan Penambangan Timah di Perairan Laut Batu Beriga, kecamatan Lubuk Besar, Senin (9/10/2023). (yni).

Kegiatan ini merupakan wadah mencari solusi dari penolakan masyarakat dan nelayan Desa Batu Beriga Kecamatan Lubuk Besar yang tetap menolak rencana PT Timah Tbk melakukan penambangan timah melalui mitra pihak ketiga di perairan pantai Batu Beriga.

Pada dasarnya kami tetap menolak adanya penambangan timah di laut perairan Batu Beriga karena akan berdampak dan mengganggu wilayah tangkap nelayan untuk mencari nafkah dengan menangkap ikan.

"Kami dari masyarakat Desa Batu Beriga ini menuntut penghentian rencana penambangan laut di laut desa kami. Karena disitulah daerah tangkap nelayan. Kalau zona tambang itu disahkan dan dijalankan, maka nelayan pasti terkena dampak," ujar Ketua Forum RT Desa Batu Beriga, Arzi.

RDP di pimpin langsung Ketua DPRD Bateng Me Hoa di hadiri anggota DPRD Bateng, Kapolres Bateng, Mewakili Bupati hadir Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Bateng Pittor, Direktur Produksi dan Operasional PT Timah Tbk Nur Adi Kuncoro, Dinas ESDM Pemprov Babel da. Masyarakat dan nelayan Desa Bartu Beriga.

Anggota DPRD Bateng Apri Panzupi mengatakan bahwa diperkirakan hasil penambangan timah di perairan laut Beriga nanti tidak berdampak besar bagi kesejahteraan masyarakat dan nelayan Desa Baru Beriga.

Masyarakat bukan menolak investasi tapi menolak penambangan timah di perairan Baru Beriga oleh PT Timah karena akan berdampak buruk terhadap hasil tangkap masyarakat nelayan.

Kita minta bupati Bangka Tengah Algafry Rahman jangan bermain di ranah abu-abu harusnya mendukung masyarakat.

Memang kita tidak bisa mengambil keputusan namun kita biasa mengajukan usulan ke pihak provinsi apa yang menjadi aspirasi masyarakat Batu Beriga  yang menolak adanya rencana PT Timah melakukan penambangan timah. (Yni/Asp).

Penulis:

Baca Juga