Nasional

Pasar di Palembang Tutup Satu Minggu Setelah Pedagang Positif Covid-19

ASPIRASIBABEL.COM, Palembang - Setelah Pasar Kebun Semai, di Kecamatan Kemuning, Palembang, Sumatera Selatan, ditutup karena ada seorang pedagang yang meninggal lantaran reaktif Covid-19, pada Selasa (26/5/2020), kini giliran pasar Kebun Bunga juga mengalami hal serupa.

Di pasar Kebun Bunga, Kecamatan Sukarami, Palembang, seorang pedagang laki-laki berumur sekitar 30 tahun dinyatakan terpapar virus corona setelah menjalani pemeriksaan swab. Pedagang itu kini telah menjalani karantina di wisma atlet Jakabaring.

Direktur Utama PD Pasar Palembang Jaya, Abdul Rizal mengatakan, penutupan Pasar Kebun bunga akan berlangsung besok sampai satu pekan ke depan.

Rizal mengatakan, ada sekitar 100 lebih pedagang yang ada di sana. Mereka pun akan menjalani pemeriksaan rapid test besok.

"Besok rapid test massal, seluruh pedagang yang diperiksa di pasar Kebun Bunga. Selama penutupan, lokasi pasar akan disterilisasi. Yang positif itu sudah dibawa ke Jakabaring," kata Rizal, Kamis (28/5/2020).

Menurut Rizal, saat ini sudah dua pasar yang ditutup sementara. Sementara 41 pasar tradisional lainnya masih tetap beroperasi seperti biasa.

Dengan kejadian kedua ini, pihak PD pasar merencanakan melakukan rapid test di seluruh pasar secara bergilir.

"Nanti rapid test-nya diacak untuk pedagang, pasar di Palembang ini ada 43 seluruhnya. Sekarang masih beroperasi 41 dengan mengikuti protokol kesehatan seperti biasa. Untuk pembatasan jam tidak ada," ujarnya.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, Fauziah menjelaskan, pedagang yang positif tersebut sebelumnya diketahui sempat melakukan kontak dengan pasien Covid-19.

Setelah itu, ia masuk ke daftar pemeriksaan di Puskesmas Kebun Bunga dan menjalani tes swab.

"Hasil Swab menunjukkan positif, pasiennya tanpa gejala sehingga diisolasi di wisma atlet Jakabaring. Sekarang lagi di-tracing siapa saja yang kontak," ungkapnya.

Sementara itu, Gugus Tugas penanganan Covid-19 Sumatera Selatan mencatat, ada tambahan kasus positif baru sebanyak 26 orang. Sehingga, kasus Covid-19 saat ini telah mencapai 941 orang.

Sedangkan untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 5.966 orang dan selesai pemantauan 4.207 orang serta masih dalam pemantauan 1.758 orang.

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 511 orang dengan rincian selesai pengawasan 224 orang dan masih dalam pengawasan 287 orang.

Untuk sampel yang diperiksa laboratorium BBLK Palembang berjumlah 3.351 orang dengan hasil positif 941 orang dan negatif 406 orang serta 2.004 orang masih dalam pemeriksaan. (Kompas/Red).

Sumber: kompas.com | Penulis: Kontributor Palembang, Aji YK Putra | Editor: Farid Assifa.

Penulis: Kontributor Plg
Editor: Red1
Photographer: Net
Sumber: Kompas.com

Baca Juga